Perkembangan pengguna internet di Indonesia meningkat cukup tajam pada beberapa tahun terakhir ini. Data terakhir dari Internet World Stats menyebutkan bahwa pada tahun 2009 pengguna internet di Indonesia telah mencapai 30 juta orang dan menempatkan Indonesia ke rangking 16 di dunia dan rangking 5 di Asia, setelah China (420 juta), Jepang (99,1 juta), India (81 juta) dan Korea (39,4 juta). Ada suatu sumber yang mengatakan bahwa sampai akhir Oktober 2010 jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 46 juta orang.
Saat ini ada 1,9 milyar pengguna internet di seluruh dunia, dan di Asia sendiri jumlahnya mencapai 825 juta pengguna. Di tahun 2009 saja, surat elektronik yang dikirimkan mencapai 90 trilyun atau rata-rata sekitar 247 milyar per hari. Jumlah situs di bulan Desember 2009 diperkirakan ada 234 juta buah dan jumlah blog diperkirakan mencapai 126 juta buah.
Indonesia sendiri telah memiliki 1,2 juta blogger di tahun 2009 dengan jumlah komunitas blogger hampir di setiap kota besar di Indonesia. Sejak tahun 2007, blogger Indonesia juga memliki pertemuan tahunan yang disebut Pesta Blogger yang dihadiri ribuan orang setiap tahun.
Facebook yang awal kemunculannya hanya digunakan untuk mahasiswa sebuah universitas elit di Amerika, sejak tahun 2006 dibuka untuk siapapun di dunia. Di tahun 2009 sudah ada 350 juta orang di Facebook. Twitter juga hadir di tahun 2006 dan kini digunakan untuk mengirimkan 27 juta tweet per hari. Di You Tube, satu milyar video di tonton pengguna internet setiap harinya.
Facebook meledak di Indonesia tahun 2009 dengan pertumbuhan diatas 1000%. Di awal tahun 2009 jumlah pengguna Facebook di Indonesia masih kurang dari 1 juta orang, kemudian tumbuh hingga 19 juta pengguna di bulan Maret 2010 dan di akhir tahun 2010 telah mencapai 27 juta pengguna. Indonesia menempati rangking ketiga pengguna Facebook di dunia setelah Amerika dan Inggris. Di Twitter sendiri, pengguna di Indonesia sudah mencapai 2,4 juta orang dan menjadi ibu kota Twitter di Asia, dengan jumlah tweet nomor satu di Asia dan urutan keenam di dunia.
Pengguna Internet bukan saja mereka yang mengkonsumsi informasi tapi juga mereka yang memproduksi informasi. Dan para produsen ini bukanlah organisasi besar atau pemerintah, tapi orang-orang biasa, kamu dan saya, mereka dan kita. Social web yang kita kenal bukan saja aktif, tapi juga besar. Di social web, orang menggunakan Internet untuk kebutuhan sosialnya. Untuk berteman dan ketemu teman. Untuk berbagi dan berekspresi.Untuk mengungkapkan apa yang dia rasa, dia pikir. Untuk bercerita tanpa rasa takut, untuk berkata apa adanya.
Social Web terasa natural digunakan oleh kita. Orang Indonesia adalah orang paling sosial yang ada di dunia. Kita senang berteman, berhubungan dengan keluarga, berkenalan dengan orang-orang baru. Kita bahkan tidak peduli apakah perut kita kenyang atau tidak selama kita bisa berkumpul, seperti dalam peribahasa jawa “mangan ora mangan sing penting kumpul”. Komunitas dan kehidupan sosial penting bagi kita. Dan peran nongkrong yang selama ini kita lakukan di kios-kios, di pos siskamling, di depan gang-gang kini mendapatkan steroidnya. Kehidupan sosial itu kini hidup di dunia maya dalam bentuknya yang lebih powerful.
Saat ini ada 1,9 milyar pengguna internet di seluruh dunia, dan di Asia sendiri jumlahnya mencapai 825 juta pengguna. Di tahun 2009 saja, surat elektronik yang dikirimkan mencapai 90 trilyun atau rata-rata sekitar 247 milyar per hari. Jumlah situs di bulan Desember 2009 diperkirakan ada 234 juta buah dan jumlah blog diperkirakan mencapai 126 juta buah.
Indonesia sendiri telah memiliki 1,2 juta blogger di tahun 2009 dengan jumlah komunitas blogger hampir di setiap kota besar di Indonesia. Sejak tahun 2007, blogger Indonesia juga memliki pertemuan tahunan yang disebut Pesta Blogger yang dihadiri ribuan orang setiap tahun.
Facebook yang awal kemunculannya hanya digunakan untuk mahasiswa sebuah universitas elit di Amerika, sejak tahun 2006 dibuka untuk siapapun di dunia. Di tahun 2009 sudah ada 350 juta orang di Facebook. Twitter juga hadir di tahun 2006 dan kini digunakan untuk mengirimkan 27 juta tweet per hari. Di You Tube, satu milyar video di tonton pengguna internet setiap harinya.
Facebook meledak di Indonesia tahun 2009 dengan pertumbuhan diatas 1000%. Di awal tahun 2009 jumlah pengguna Facebook di Indonesia masih kurang dari 1 juta orang, kemudian tumbuh hingga 19 juta pengguna di bulan Maret 2010 dan di akhir tahun 2010 telah mencapai 27 juta pengguna. Indonesia menempati rangking ketiga pengguna Facebook di dunia setelah Amerika dan Inggris. Di Twitter sendiri, pengguna di Indonesia sudah mencapai 2,4 juta orang dan menjadi ibu kota Twitter di Asia, dengan jumlah tweet nomor satu di Asia dan urutan keenam di dunia.
Pengguna Internet bukan saja mereka yang mengkonsumsi informasi tapi juga mereka yang memproduksi informasi. Dan para produsen ini bukanlah organisasi besar atau pemerintah, tapi orang-orang biasa, kamu dan saya, mereka dan kita. Social web yang kita kenal bukan saja aktif, tapi juga besar. Di social web, orang menggunakan Internet untuk kebutuhan sosialnya. Untuk berteman dan ketemu teman. Untuk berbagi dan berekspresi.Untuk mengungkapkan apa yang dia rasa, dia pikir. Untuk bercerita tanpa rasa takut, untuk berkata apa adanya.
Social Web terasa natural digunakan oleh kita. Orang Indonesia adalah orang paling sosial yang ada di dunia. Kita senang berteman, berhubungan dengan keluarga, berkenalan dengan orang-orang baru. Kita bahkan tidak peduli apakah perut kita kenyang atau tidak selama kita bisa berkumpul, seperti dalam peribahasa jawa “mangan ora mangan sing penting kumpul”. Komunitas dan kehidupan sosial penting bagi kita. Dan peran nongkrong yang selama ini kita lakukan di kios-kios, di pos siskamling, di depan gang-gang kini mendapatkan steroidnya. Kehidupan sosial itu kini hidup di dunia maya dalam bentuknya yang lebih powerful.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar